Memberikan informasi unik dan menarik setiap hari

Ini Dia Tips Mengupas Bawang Agar Tidak Menangis

Sebagai manusia normal yang bukan keturunan dewa, kita pasti pernah menangis. Karena menangis itu lumrah sifatnya. Menangis saat diputusin kekasih, waktu lihat daftar tagihan listrik yang harus dibayar tiap bulan, atau saat sedang menonton drama Korea. Tapi terkadang tidak selalu soal hal yang emosional, kadang kita juga menangis karena merasa sakit secara fisik. Misalnya saat kaki tertusuk paku, atau saat mengupas bawang.

Dainatar banyak jenis bawang , biasanya yang membuat banjir air mata sekaligus perih itu adalah bawang merah. Sedangkan jenis bawang bombay dan bawang putih biasanya membuat kita bersin.


Mengapa saat mengupas bawang merah kita menangis? Bawang merah memiliki kandungan yang bernama ‘syn-propanethial-S-oxide’ dan senyawa sulfur, yang dua-duanya terkandung di dalam bawang. Saat dikupas, reaksi kimia antara enzim dan senyawa sulfur ini akan menguap. Nah, gas yang dihasilkan dan menguap itu yang akhirnya jadi asam sulfur. Selanjutnya asam sulfur ini menstimulasi lacrimal glands alias kelenjar air mata, makanya akhirnya kita berasa nangis. Tujuan dari dikeluarkannya air mata ini tentunya untuk ngelindungin mata kita dari si asam sulfur. Semakin banyak bawang yang dikupas tentunya makin banyak air mata yang mengalir. Nah, jadi jika anda ingin menangis tapi tidak mau dikatakan cengeng, solusinya adalah menangislah sambil ngupas bawang. Kalau ada yang bertanya, bilang aja lagi mau bikin bawang goreng kiloan.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan dirumah saat mengupas bawang agar tidak menangis:

1. Pakai kacamata. Bisa kacamata hitam. Atau lebih bagus lagi kacamata renang atau kacamata ski. Sekalian aja pake kacamuka.
2. Bawangnya disimpan di kulkas dulu. Katanya sih supaya enzimnya nggak aktif, jadi waktu dikupas enzim yang bakal terbang bebas dan bereaksi lebih sedikit.
3. Bawangnya direndam terus ditanam. Ini untuk melarutkan asam amino yang bakal berubah jadi asam sulfur kalau bereaksi.

4. Suruh orang lain yang ngupas. Beres. Kecuali kalau kamu disuruh ibu kamu ngupas bawang, terus kamu malah gantian nyuruh beliau untuk ngupas sendiri. Nanti kamu dikutuk jadi bawang bombay.

Itulah beberapa tips agar kamu tidak menangis saat menupas bawang. Kamu punya pertanyaan seputar fenomena sains sehari-hari? Coba tulis di komen, nanti Nyunyu cari tahu buat kalian semua.
Back To Top