Memberikan informasi unik dan menarik setiap hari

Apakah Pemicu Kram ketika Tidur? Dan Apa Solusi Tepatnya?

Beberapa dari kita mungkin pernah atau bahkan sering mengalami kram bahkan ketika kita sedang tidur, sebenarnya apakah pemicu kram ketika tidur? Kram biasanya terjadi saat kita beraktivitas dan wajar kalau waktu kita bergerak, kram tersebut muncul; tapi jika kita dalam keadaan tidur alias diam, bagaimana bisa kram? Simak juga solusi tepat yang kiranya bisa membantu mengatasinya.
1.    Cedera otot mungkin bisa jadi salah satu penyebab dari kram di malam hari dan akibat dari banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh tubuh di siang hari. Memang ketika kita melakukan banyak aktivitas siang harinya, kita tidak langsung merasakan badan kita sakit atau mengalami kram, tapi efek itu kemudian terjadi saat kita tidur di malam hari. Terkadang kita malas untuk mengatasinya karena berpikir bahwa kram tersebut akan hilang dengan sendirinya, tapi bila sudah berkali-kali dan tidak ditangani segera, fungsi dari organ yang mengalami kram fungsinya bakal menurun.
Bahkan jam tidur kita terancam berantakan karena kram akan terus terjadi di malam hari dan tentu rasa nyeri tersebut tidak dapat terhindarkan. Jika tidak ingin merasa tersiksa setiap malam, terbangun karena tiba-tiba kram muncul, coba cari solusinya yang mudah dan aman.

http://beritakurnia.blogspot.com/2015/04/apakah-pemicu-kram-ketika-tidur-dan-apa.html
2.    Sirkulasi darah yang kurang lancar termasuk di dalam kategori penyebab kaki kram ketika tidur. Posisi tidur yang salah juga bisa jadi pemicunya; ingat bahwa posisi tidur yang tidak benar mengakibatkan aliran darah terhambat dan kram bisa tiba-tiba terjadi. Saat hal itu terjadi, bangunlah dan coba regangkan tubuh, khususnya bagian yang kram. Atau, bagian kaki yang kram cobalah untuk dikompres dengan air hangat karena di sana ada otot-otot yang sedang dalam keadaan tegang. Dengan mengompresnya, otot yang tegang bisa relaks dan pulih.
3.    Kurang minum atau dehidrasi ternyata tidak hanya membuat tubuh kita lemah atau membuat tenggorokan kering, tapi juga memicu kram. Kaki tiba-tiba kram saat malam? Ini sebabnya. Tubuh kita tentu kekurangan cairan dan akhirnya kram kaki terjadi saat kita tidur di malam hari. Kinerja syaraf bisa dipengaruhi oleh dehidrasi dan akhirnya malah menjadikan kaki kita bisa kram secara mendadak.
4.    Kondisi hamil juga bisa menyebabkan kram dan memang kedua hal ini sering dikaitkan. Biasanya ibu-ibu hamil mengalami kram pada betisnya yang sering terjadi di malam hari ketika mereka tidur. Hal ini dikarenakan asupan kalsium dan magnesium yang kurang. Maka dari itu, ibu hamil sering dianjurkan untuk makan makanan bergizi yang kaya akan nutrisi, termasuk yang mengandung kalsium dan magnesium.
 

Cara Mengobati Kram Kaki di Malam Hari saat Tidur
 -    Mengompres dengan air hangat seperti yang sebelumnya dianjurkan bisa membuat otot tegang jadi relaks kembali.
-    Ambil cukup waktu supaya area yang kena kram bisa diistirahatkan sehingga rasa sakitnya bisa diringankan.
-    Berikan pijatan pada area yang sering kram karena otot pada dasarnya tengah lelah; gunakan krim atau minyak ketika memijat.
-    Minum delapan gelas air putih sehari, boleh lebih, supaya tidak dehidrasi dan kram bisa dicegah.
-    Lakukan olahraga secara teratur supaya kemungkinan kejang otot, seperti kram bisa dikurangi dan kebugaran fisik bisa dijaga dengan baik karena kita selalu meregangkan otot.
Kram tidak hanya kerap dialami oleh ibu hamil; untuk itu, menjaga kebugaran tubuh itu penting. Apakah pemicu kram ketika tidur dan bagaimana cara jitu mengatasinya? Jawabannya sudah Anda temukan, semoga bisa berguna di kemudian hari.
Back To Top