Memberikan informasi unik dan menarik setiap hari

5 Bahaya Radiasi Ponsel untuk Kesehatan Wanita

Ada 5 bahaya radiasi ponsel untuk kesehatan wanita yang perlu diperhatikan, baik itu untuk wanita yang sedang hamil maupun tidak. Meski ponsel adalah kebutuhan primer di jaman maju seperti sekarang ini, tentu tetap ada dampaknya bagi setiap penggunanya, apalagi radiasi yang tampaknya tidak baik bagi kesehatan. Dijabarkan dalam sebuah penelitian tentang radiasi hasil dari ponsel ketika melakukan pangggilan ternyata sama dengan telur mentah yang dimatangkan.

5 Bahaya Radiasi Ponsel untuk Kesehatan Wanita yang Perlu Diperhatikan
Bukanlah rumor bila radiasi bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan wanita, dan untuk itulah kita perlu memerhatikan dampak dan bahaya berikut ini supaya bisa berjaga-jaga serta mencegah pemakaian ponsel berlebihan.

1.    Menimbulkan kanker otak adalah salah satu dari bahaya radiasi ponsel; tampak mengerikan tapi itu benar. Para wanita yang hobi mengobrol dengan teman melalui ponsel tentu sering mengalami percakapan sampai suhu ponsel berubah; inilah saat yang paling perlu diwaspadai. Kanker otak bisa dipicu oleh radiasi ponsel yang termasuk dalam kategori zat karsinogenik. Mengobrol terlalu lama melalui ponsel bisa meningkatkan risiko kanker otak akustik neuroma dan glioma.
 
radiasi ponsel untuk kesehatan wanita
2.    Menjadikan pengguna ponsel mudah lupa juga merupakan salah satu bahaya radiasi ponsel untuk wanita. Selain memicu kanker otak, mengobrol atau menelepon dalam waktu yang lama bisa mengganggu daya ingat disebabkan oleh radiasi yang dipancarkan dari ponsel. Pasti pernah dengar bahwa menelepon menggunakan headset itu lebih baik dan kenyataannya memang iya. Kalau ponsel digunakan langsung, maka paparan radiasi jelas menghantam telinga. Tidak masalah bila memang yang dibicarakan melalui ponsel adalah sesuatu yang penting, tapi jika tahu percakapan bakal lama, loadspeaker atau headset bisa digunakan untuk amannya.

3.    Menyebabkan kanker payudara juga menjadi efek berbahaya radiasi dari ponsel untuk para wanita yang sering menaruhnya di saku baju. Paparan radiasi bisa sangat berbahaya karena sel-sel kanker bisa dikembangkan, dalam hal ini kanker payudara juga bisa dipicu. Tidak ada salahnya menaruh atau menyimpan ponsel di dompet atau tas saja sehingga jaringan-jaringan lemak pada payudara tidak akan terkena paparan radiasi ponsel.

4.    Mengganggu kehamilan merupakan salah satu dampak dan bahaya radiasi ponsel bagi wanita hamil. Bahwa radiasi dari ponsel bisa menyebabkan kerusakan sel dalam masa kehamilan dan bahkan menyebabkan keguguran telah diteliti oleh Yale School of Medicine. Jangan menyimpan atau mengantongi ponsel dekat rahim untuk mencegah hal buruk ini terjadi.

5.    Memiliki anak yang hiperaktif juga disebut sebagai salah satu efek radiasi ponsel yang mengenai rahim. Seperti yang dijelaskan oleh sebuah studi, perkembangan otak janin akan dipengaruhi oleh paparan radiasi selama kehamilan menjadikan anak kemudian menjadi sangat hiperaktif.

Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel dengan Mudah
1.    Ketika sinyal ponsel melemah, segera dicas atau bila tidak membawa charger, matikan saja. Ketika sinyal lemah, radiasi yang dipaparkan ternyata lebih tinggi.
2.    Mengurangi penggunaan ponsel pintar atau smartphone. Hal ini dikarenakan emisi yang dihasilkan ternyata lebih besar dari ponsel biasa lainnya; kita tahu bahwa baterai dan energi adalah tempat bergantung smartphone ketika melakukan koneksi internet, menggunakan email dan mendisplay warna.
3.    Ketika dalam keadaan menelepon, diam saja di tempat alias tidak perlu jalan ke sana kemari karena radiasi akan menguat ketika melakukan panggilan sambil berjalan-jalan.
4.    Casing penahan radiasi boleh juga; ini ide bagus untuk digunakan karena paparan radiasi bisa diminimalisir.
5.    Menghindari headset wireless merupakan solusi juga untuk mengurangi 5 bahaya radiasi ponsel untuk kesehatan wanita, gunakan saja headset dengan kabel karena lebih aman. Fitur Bluetooth pun perlu dimatikan sesudah dipakai.
Tag : Kesehatan
Back To Top