Memberikan informasi unik dan menarik setiap hari

Rupanya Ini Dia Manfaat Air Mata bagi Seorang Laki-laki

Mengeluarkan air mata atau menangis dianggap wajar apabila wanitalah yang melakukannya, tapi bila pria, mereka akan dianggap lemah, cengeng dan seperti wanita; ini dia manfaat air mata bagi seorang laki-laki sehingga tidak perlu tahan tangis lagi mulai sekarang. Siapa bilang pria tidak boleh menangis? Tidak usah merasa gengsi atau malu karena pria yang menangis ketika disakiti atau merasa sedih tidak selalu dianggap lemah atau seperti wanita.


Ini Dia Manfaat Air Mata bagi Seorang Laki-laki yang Belum Anda Ketahui

Laki-laki seringkali menahan keinginannya untuk menangis apalagi ketika di depan orang lain meski ia sangat sedih atau terluka karena baru saja diputus pacarnya atau patah hati melihat sang kekasih dengan orang lain. Menangis tidak melulu memberi kesan jelek, karena nyatanya air mata seorang pria itu bisa jadi menunjukkan kejujuran dan ketulusannya terhadap orang yang ia cintai. Menangis juga merupakan satu hal yang bisa membuat orang lain peduli akan kesusahan Anda; tidak ada salahnya menerima kepedulian orang lain dan berbagi juga dengan mereka akan masalah yang tengah dihadapi. Selain itu, menangis tentu bermanfaat untuk mencegah depresi.

Fakta Seputar Air Mata dan Menangis

1.    Menangislah karena itu membawa keajaiban yang bermanfaat; seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak perlu takut menangis karena khawatir akan pandangan orang terhadap Anda. Ketika memang sedang berbeban berat, menangis sangat membantu kita untuk merasa lega dan dengan menahannya karena gengsi bisa berakibat depresi dan makin stres yang tidak baik bagi kesehatan mental kita. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa air mata yang keluar waktu kita merasa sedih ada hormon stres yang terkandung di dalamnya. Mekanisme dari menangis waktu bahagia dan sedih pada dasarnya adalah sama hanya yang membedakan adalah emosi dan perasaan orang tersebut.

2.    Air mata buaya itu benar-benar ada dan bukan hanya dianggap sebagai kiasan karena buaya bisa mengeluarkan air mata juga. Yang membedakan air mata buaya dengan air mata manusia adalah air mata buaya keluar tanpa mengandung emosi. Jadi kalau banyak wanita yang tidak menemukan arti dibalik tangisan seorang lelaki maka mereka akan menyebutnya air mata buaya sebab terkait dengan orang yang menangis dengan maksud berbohong.

3.    Air mata seseorang bisa memengaruhi orang lain, dan diduga hal itu menjadi alasan mengapa pria suka enggan menunjukkan kesedihan dan kegembiraannya dengan menangis dan mengapa pria tidak suka melihat wanita menangis. Bahwa kadar testosterone seorang pria bisa berkurang karena air mata yang mengandung chemosignal ditunjukkan oleh sebuah penelitian.

4.    Selain keluarnya airmata baik untuk kesehatan, fakta lain menyebutkan bahwa air mata itu punya kandungan dan komposisi yang sama dengan air liur (hormon, garam dan protein). Yang membuat lebih unik di sini adalah perbedaan bau dan rasa keduanya.

5.    Ada tiga jenis air mata yang dimiliki manusia, yaitu air mata emosi tangisan, air mata reflex, dan air mata basal. Air mata emosi tangisan bisa keluar ketika lakrimasi meningkat oleh adanya tekanan emosi. Air mata refleks beda lagi karena air mata ini akan keluar saat mata kita terkena iritasi, contoh yang paling sering kita temui adalah uap bawang waktu kita mengirisnya. Air mata basal untuk menjaga kelembaban mata supaya mata tetap basah dan sehat.

Ini dia manfaat air mata bagi seorang laki-laki ditambah beberapa informasi mengenai fakta dan fungsi air mata yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya.
Tag : Kesehatan, Unik
Back To Top