Memberikan informasi unik dan menarik setiap hari

Wow! Ternyata Hidung Manusia Mampu Kenali Satu Triliun Jenis Bau

Wow! Ternyata hidung manusia mampu kenali satu triliun jenis bau, dan tidak hanya itu saja, ada banyak fakta menarik lainnya yang bisa disimak dan diketahui di sini. Fungsi hidung ternyata tidak sesederhana sebagai indera penciuman yang kerap dianggap paling lemah dari kelima panca indera. Meski manusia jarang mengandalkannya, ternyata ada fakta lain yang bisa ditengok soal hidung kita ini.


Wow! Ternyata Hidung Manusia Mampu Kenali Satu Triliun Jenis Bau yang Berbeda
Kebanyakan dari kita sebagai manusia tidak begitu bisa menyadari bahwa hidung yang sudah diciptakan Tuhan dengan begitu rupa ini sangat sensitif dan bahkan tidak hanya beberapa jenis bau, hidung kita ini bisa mengenali satu triliun jenis bau yang berbeda. Indera satu ini memang sering dianggap lebih lemah dibanding yang lain, tapi faktanya melalui sebuah penelitian, telah dinyatakan bahwa manusia bisa membedakan setengah juta suara, dan beberapa juta warna, tapi giliran indera penciuman, bisa lebih baik dari indera yang lain.

Hanya saja, ternyata hasil penelitian yang dibawa oleh seorang peneliti dari Rockfeller University dan Howard Hughes Medical Institute tidak langsung bisa mengubah kenyataan penelitian yang sebelumnya pernah dikeluarkan pada tahun 1927 tentang hidung manusia yang hanya bisa mengenali sampai sepuluh ribu jenis bau berbeda. Melalui hasil penelitian yang terakhir tersebut, peneliti Adreas Keller mengungkapkan harapannya supaya manusia menyadari betul akan fungsi dan kelebihan hidung, mereka hanya tidak menggunakannya terlalu sering untuk mencium bau-bau sehingga tidak mengetahui kalau hidung mampu mengenali satu triliun jenis bau.

Hasil tersebut muncul tentu berdasarkan percobaan dan memang ada beberapa partisipan yang diberi campuran bau yang beraneka ragam oleh sang peneliti. Dari situlah penciuman manusia dibuktikan bahwa ada kemampuan lebih yang tidak disadari oleh banyak manusia. Peneliti pun menyampaikan bahwa lingkungan manusia itu cepat berubah dan termasuk bau; walaupun tidak langsung disadari, sebenarnya kemungkinan jenis bau yang bermacam-macam tersebut sudah siap untuk dicium dan dikenali oleh hidung manusia.

Fakta Menarik Lain tentang Indera Penciuman

1.    Kemampuan indera penciuman dapat berkurang seiring bertambahnya usia manusia. Memang dikatakan sebelumnya di banyak penelitian bahwa hidung manusia itu sensitive, tapi sensitivitas tersebut dapat menurun apalagi ketika memasuki usia 60 tahun ke atas. Kemampuan ini pun ternyata bisa menurun sampai 50 persen.

2.    Ingus atau lendir ternyata adalah pelindung hidung; ya, yang selama ini kita anggap menjijikkan dan sering produksi berlebih ketika sedang pilek, ternyata merupakan pelindung indera penciuman satu ini. Prosesnya adalah di mana udara yang masuk lewat hidung, segala mikroba dan debu akan dihalangi oleh lapisan dari cairan kental di hidung untuk tidak masuk ke saluran pernapasan dan tubuh kita. Selain hidung dapat kenali bermacam-macam jenis bau, hidung juga ternyata sangat selektif dengan adanya lendir yang berfungsi untuk menyaring udara dari kuman.

3.    Cara setiap orang bersin itu berbeda dan ternyata genetiklah yang memengaruhinya. Entah itu menutupi dengan tangan, bersin dengan mengeluarkan suara menggelegar, bersin yang tidak bisa berhenti, atau bersin yang seperti tertahan, itu semua berdasarkan genetik. Ditunjukkan oleh sebuah studi bahwa gaya bersin orang merupakan salah satu hal kebiasaan yang memang diturunkan dari orang tua.

4.    Indera penciuman manusia ternyata mampu mencium emosi. Hal ini telah diteliti oleh para peneliti di Utrecht University, Belanda, bahwa dengan mencium hormon atau senyawa kimia yang dikeluarkan tubuh, maka berbagai macam emosi dapat dideteksi oleh manusia. Wow! Ternyata hidung manusia mampu kenali satu triliun jenis bau serta punya fungsi lain yang keren.
Tag : Unik
Back To Top