Memberikan informasi unik dan menarik setiap hari

Fakta Unik Mengenai Kedipan Mata yang Menarik untuk Diketahui

Manusia diciptakan secara unik, salah satunya adalah kemampuan dalam berkedip otomatis supaya air mata yang mengandung oksigen bisa diratakan ke seluruh permukaan mata; tapi ada fakta unik mengenai kedipan mata lainnya. Ada beberapa hal menarik yang akan dibagikan di sini berkaitan dengan kedipan mata manusia, jadi simak yang berikut ini.

Fakta Unik Mengenai Kedipan Mata Baik Manusia Maupun Hewan
1.    Hewan ternyata juga bisa berkedip. Tidak hanya manusia yang biasanya berkedip, hewan pun juga bisa, hanya saja hewan seperti ular, ikan dan lainnya yang tidak mempunyai kelopak mata jelas pengecualian. Hamster juga berbeda dari hewan berkedip biasanya karena mereka hanya mengedipkan satu mata. Jika ingin tahu lebih tentang hewan yang berkedip, ada bukunya yang diterbitkan oleh WP Blount pada tahun 1927 berjudul “Studies of the Movements of the Eyelids of Animals: Blinking.” Tidak salah lagi, ada banyak fakta lain yang ditemukan di buku ini, seperti halnya fakta kambing yang biasanya mengedipkan mata dengan selisih waktu tiga puluh detik sampai satu menit, monyet Sudan sering sekali mengedipkan mata, serta tikus yang mengedipkan mata hanya saat mereka bersin.

2.    Wanita ternyata bisa mengatur waktu kedipan mata mereka. Selain menjadi salah satu fakta kedipan mata, ini juga bisa dimasukkan dalam kategori fakta unik mata manusia. Ada yang menduga bahwa wanita lebih sering berkedip daripada pria, dan tadinya pembuktian hal ini sangat sulit apalagi secara ilmiah. Namun, memang benar adanya bahwa wanita berkedip dua kali lipat lebih sering daripada pria meski setiap orang punya jumlah kedipan yang berbeda jika dihitung per menit.
Diketahui bahwa rata-rata jumlah kedipan dalam waktu 4 detik adalah 15 kali berkedip dan akan bertambah saat seseorang sedang merasa lelah, gelisah atau cemas. Disebutkan juga oleh sebuah penelitian yang dikutip dari Men’s Health bahwa wanita dengan konsumsi pil kontrasepsi, kedipan mata akan jauh lebih sering (32 persen lebih banyak) dibandingkan para wanita yang tidak sedang mengonsumsi pil tersebut.

3.    Kondisi dapat memengaruhi kedipan dan ini merupakan fakta unik tentang mata dan kedipan yang lain lagi. Lingkungan dan kondisi sekitar bisa berpengaruh ke frekuensi kedipan mata kita. Misalnya saja, ketika kita sedang fokus mendengarkan atau melihat sesuatu, atau sedang mendapat info penting, mata akan jarang berkedip; dan sebaliknya akan terjadi ketika kita sedang terburu-buru, merasa takut, dan bahkan cemas.
Contoh lain kita ambil dari seorang pilot pesawat Angkatan Udara Amerika yang akan berkedip lebih banyak ketika simulasi terbang berada di titik aman daripada waktu ada di zona musuh. Ada juga yang membeberkan bahwa kedipan George W. Bush lebih cepat saat lawan politiknya menyerangnya.

4.    Bayi diketahui jarang mengedipkan mata dan ini juga salah satu dari fakta-fakta unik tentang kedipan mata yang sangat menarik. Kedipan bayi hanya sekitar dua kali dalam satu menit, tapi seiring pertumbuhannya, frekuensi berkedip pun akan meningkat.
5.    Terciptanya sistem wiper terinspirasi dari kedipan mata. Robert Kearns terinspirasi menciptakan wiper yang terdapat pada kaca depan mobil dari frekuensi kedipan mata manusia di tahun 1953. Kesimpulan yang ia buat adalah bahwa cara kerja wiper tersebut mirip dengan mata manusia yang berkedip.
Berkedip adalah aktivitas penting bagi manusia karena coba saja untuk tidak berkedip dalam jangka waktu tertentu, pasti mata terasa pedih dan kering. Bola mata juga akan tetap lembab dengan berkedip. Semoga beberapa fakta unik mengenai kedipan mata menambah pengetahuan Anda secara umum.
Tag : Life Style, Unik
Back To Top