Memberikan informasi unik dan menarik setiap hari

Kenapa Kita Sering Terbangun di Malam Hari? Ini Penyebabnya

Tidur yang kurang bisa jadi membuat kita cepat lelah ketika beraktivitas di siang hari dan berwajah kuyu; lalu kenapa kita sering terbangun di malam hari? Ketahui penyebabnya, setelah itu cari cara mengatasinya karena tidur yang cukup dapat mencegah berbagai penyakit dan membuat wajah kita makin segar keesokan harinya. Bangun di malam hari memang wajar tapi kalau terlalu sering dan bahkan setelah itu tidak bisa tidur lagi tentu patut diwaspadai.

terbangun malam hari

Kenapa Kita Sering Terbangun di Malam Hari? Ini Penyebabnya
1.    Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa ketika sering terbangun di tengah malam, ini mungkin terjadi karena ada dua tahapan pola tidur yang dimiliki tubuh kita. Yang pertama dari dua tahapan tersebut adalah tidur pada waktu setelah senja yang biasanya bisa sampai empat jam; lalu, orang akan bangun dan melakukan aktivitas tertentu sebelum lanjut ke tahapan tidur yang kedua.
2.    Usia ternyata juga bisa jadi penyebab kita suka terbangun di malam hari; seiring bertambahnya umur memang kita akan cenderung sering terbangun. Hal ini masih tergolong wajar bila kita terbangun saat mengubah posisi tidur dan setelah itu kita bisa tidur lagi. Hanya saja, kalau setelah terbangun dan susah tidur lagi selama setengah jam atau lebih beberapa malam berturut-turut, bisa jadi itu tanda sleep disorder.
3.    Narcolepsy mungkin bisa juga jadi jawaban bagi yang bertanya, “Kenapa saya sering terbangun di malam hari?” Narcolepsy dikenal sebagai bentuk lain dari sleep disorder di mana kondisi kita di siang hari bakal sangat mengantuk dan sangat mudah tertidur dan malah menyebabkan malam susah tidur.
4.    Untuk sebagian pria, pembesaran prostat bisa jadi pemicu terbangun tiap malam karena harus ke kamar mandi.
5.    Stres bisa dimasukkan ke kategori penyebab terbangun tiap malam dan tidak bisa tidur lagi, namun hal ini bisa berubah-ubah karena ini dianggap sebagai fenomena yang gampang datang dan pergi.
6.    Masalah pencernaan kiranya termasuk penyebab lain yang dapat menjawab pertanyaan “mengapa di malam hari kita sering terbangun?” apalagi kalau sebelum tidur kita makan makanan dalam porsi besar. Bisa juga karena kondisi kejiwaan tertentu, seperti cemas atau gelisah akan sesuatu hal dapat membuat kita terjaga secara tiba-tiba dan sulit untuk kembali tidur.
Tips Mengatasi Susah Tidur dan Kebiasaan Terbangun di Malam Hari
-    Mendengarkan musik merupakan cara jitu bagi yang susah tidur atau yang punya kebiasaan terbangun di malam hari dan sulit untuk kembali terlelap. Jenis musik yang berirama lembut, seperti jenis musik ballad dan klasik jelas akan membantu kita terlelap lebih cepat.
-    Mandi air hangat juga bisa membantu kita mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga tidak mudah terbangun di malam hari. Satu setengah jam sebelum tidur bisa berendam atau mandi air hangat dengan suhu sekitar 35 derajat Celsius selama kurang lebih dua puluh menit. Ini bisa jadi cara mengatasi susah tidur yang ampuh karena otot-otot kaku dan pikiran stres bisa terasa lega.
-    Cobalah melakukan olahraga secara rutin, paling tidak setengah jam setiap pagi karena dengan berolahraga, hormon endorphin yang menjadi salah satu penyebab susah tidur tersebut akan dilepaskan. Olahraga yoga juga oke karena tubuh akan menjadi lebih segar dan rileks setelahnya; lakukan latihan pernapasan ala yoga ketika terbangun pada malam hari sehingga bisa tidur lagi dengan cepat.
Tidak perlu takut dan cemas akan keadaan susah tidur setelah terbangun di malam hari karena selalu ada solusi tepat dan mudahnya di sini. Kenapa kita sering terbangun di malam hari? Mungkin karena stres atau pola tidur yang salah, temukan penyebabnya dan segera atasi.
Tag : Unik
Back To Top