Memberikan informasi unik dan menarik setiap hari

Tips Hilangkan Varises pada Kaki dengan Cara Efektif dan Aman

Varises diketahui sebagai salah satu penyakit yang terjadi di daerah kaki, biasanya di betis; untuk itu, mengenali penyebabnya serta mengetahui tips hilangkan varises pada kaki dengan cara efektif dan aman sangatlah penting. Penderita varises sering berpikir enteng bahwa varises hanyalah gangguan ringan, tapi kondisi ini bisa serius kalau tidak segera ditangani dengan benar. Lebih jelasnya, coba simak pemicu dan cara mengatasinya di sini.
 

Penyebab Varises Sebenarnya 
Ada dua macam pembuluh darah dalam tubuh kita, yaitu vena dan arteri; darah yang dibawa dari jantung ke seluruh tubuh disebut arteri dan ketika darah dikembalikan dari seluruh tubuh ke jantung disebut vena. Dalam proses pengembalian darah ke jantung, ada gravitasi yang harus dilawan oleh pembuluh darah vena. Vena yang letaknya dekat dengan otot berfungsi dengan baik karena dibantu oleh kontraksi otot kaki yang juga sebagai pompa. Ada katup kecil yang terdapat pada vena yang akan membuka ketika darah mengalir ke jantung, namun setelah itu akan menutup supaya darah tidak kembali lagi. Berikut ini kita akan melihat penyebab varises yang mengganggu mekanisme yang sudah normal tersebut dan juga cara efektif dan aman untuk menghilangkan varises.
 
-    Menopause ternyata menjadi salah satu pemicu varises di mana katup vena tadi bisa menjadi lemah dan sirkulasi kaki dapat berubah. Ditambah juga dengan progesterone dan estrogen pada KB hormonal, baik dalam bentuk implant, suntik, maupun pil nyatanya bisa jadi penyebab lain dari munculnya varises.
 
-    Usia juga bisa menyebabkan varises, lalu apakah ada cara menghilangkan varises yang efektif bila usialah pemicunya? Saat seseorang bertambah usia alias tambah tua, elastisitas yang tadinya dimiliki oleh pembuluh darah bisa hilang, jadi bisa gampang regang. Hal ini jugalah yang melemahkan katup vena membuat darah mengalir mundur, padahal seharusnya darah bergerak menuju jantung. Varises disebabkan oleh tekanan pembuluh darah vena yang membesar dan meregang karena menjadi tinggi.
 
-    Kehamilan ternyata termasuk dalam pemicu varises; ini dikarenakan volume darah yang meningkat tapi aliran darah yang dari kaki ke panggul berkurang. Sirkulasi yang berubah ini untuk mendukung janin yang sedang tumbuh, tapi nyatanya malah bisa membuat pembuluh darah di kaki membesar. Varises juga bisa muncul karena perubahan hormon si wanita hamil. Tapi untuk yang satu ini tidak perlu mencari obat tradisional varises yang cepat dan aman, varises akan membaik setelah melahirkan dan hanya dalam waktu tiga bulan tanpa dirawat secara medis.
Cegah dan Hilangkan Varises pada Kaki dengan Cara Efektif dan Aman
 

-    Bagi yang senang mengenakan sepatu hak tinggi, tolong tahan dulu keinginan tersebut bila sedang menderita varises. Pilihlah sepatu yang bertumit rendah supaya varises bisa dicegah dan bahkan dihilangkan. Otot betis akan bekerja lebih maksimal bila mengenakan sepatu bertumit rendah. Sebaiknya tidak memakai celana yang terlalu ketat di pinggang, pangkal paha atau kaki juga.
 
-    Sirkulasi darah bisa ditingkatkan dengan meninggikan kaki ketika sedang berbaring santai di tempat tidur. Hal ini akan mengurangi gaya gravitasi yang ada di vena kaki.
 
-    Tentu memerhatikan makanan dan berat badan itu penting bukan hanya untuk menjadikan langsing tapi juga mencegah varises. Risiko varises bisa terjadi karena kegemukan. Untuk itu, dapatkan berat badan ideal dengan diet rendah garam sehingga pembengkakan oleh retensi cairan bisa dicegah.
 
Itu dia beberapa informasi mengenai penyebab varises serta tips-tips hilangkan varises pada kaki dengan cara efektif dan aman yang bisa langsung dipraktikkan.
Tag : Kesehatan
Back To Top