Memberikan informasi unik dan menarik setiap hari

Coba Cek Kondisi Kesehatanmu dengan Warna Lidah

Ternyata lidah tidak hanya membantu kita memproses makanan yang masuk ke dalam mulut atau sebatas menjadi indera perasa saja, cobalah cek kondisi kesehatanmu dengan warna lidah. Hal ini dikarenakan warna lidah mampu memberi tanda kita sedang dalam keadaan sehat atau sakit. Bahkan melihat dari warna lidah kita, kita pun bisa tahu ada penyakit apa di tubuh kita karena tiap warna tertentu menandakan penyakit tertentu juga.


1.    Kalau lidah berwarna ungu atau setidaknya hampir keunguan, hal ini menandakan bahwa sirkulasi darah sedang tidak lancar atau sedang menderita demam. Tapi kalau seluruh bagian lidah sudah diliputi warna ungu, ada indikasi organ dalam tubuh kita tengah dalam keadaan panas tinggi. Segera ke dokter untuk memastikan keadaan tersebut dan jangan sampai dibiarkan.

2.    Kalau lidah berwarna biru, hal ini menandakan bahwa Anda juga sedang tidak sehat karena darah sedang statis atau dalam keadaan dingin. Jangan tunggu sampai warna biru tersebut menjadi keunguan karena kondisi darah tersebut lebih parah. Panggil dokter atau segera ke rumah sakit untuk periksa darah dan supaya cepat ditangani.
3.    Kalau lidah warnanya merah bukan berarti kondisi kesehatan dianggap normal, tapi hal ini menandakan bahwa di tubuh Anda sedang ada aktivitas panas. Cek sendiri kesehatanmu dengan melihat apakah warna merahnya hanya berada di sekitar ujung lidah yang berarti bagian jantunglah yang tengah dalam keadaan panas; atau, bila melihat warna merah ada di ujung kiri atau kanan lidah, masalah kandung empedu dan ginjal-lah yang bermasalah. Jangan tunggu keadaan membaik dengan membiarkannya; biarkan dokter yang menangani.
4.    Kalau lidah berwarna kuning, hal ini mengindikasikan bahwa tubuh sedang diserang oleh bakteri; ada infeksi di sana dan terus perhatikan dengan mengecek warna lidah sebelum ke dokter. Ada kemungkinan warna kuning bisa berubah menjurus ke hijau yang menandakan bahwa infeksi sudah lumayan tinggi. Warna lidah yang kuning juga bisa berarti Anda sering mengonsumsi minuman beralkohol, makanan pedas, kebiasaan merokok, serta sedang dalam keadaan stres sehingga panas tubuh menjadi berlebih.
5.    Kalau warna lidah berubah putih, ada indikasi bahwa seseorang memiliki gejala tifus. Cek warna lidah untuk mengetahui kesehatanmu setiap hari, apalagi tifus ini yang paling sering menyerang banyak orang. Hanya saja, perubahan ke warna putih di lidah bisa juga bukan gejala tifus, tapi mengindikasikan masalah pencernaan atau gejala flu.
Jika menyadari adanya warna putih tipis pada lidah, seseorang berarti tengah mengalami kekurangan darah. Lain lagi dengan lidah yang ada bercak putihnya, ini bisa jadi tanda infeksi jamur atau sariawan yang bisa diatasi dengan obat anti jamur, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selalu sedia obat penambah darah juga di rumah kalau memang ada riwayat sakit anemia sehingga lidah terlihat pucat.



Mengecek kondisi kesehatan lewat warna lidah ternyata cukup bisa diandalkan karena memang hal tersebut jugalah yang dilakukan oleh para dokter ketika memeriksa keadaan dan kondisi kesehatan seseorang. Setelah mengetahui beberapa perubahan warna lidah dan indikasinya, mungkin Anda bertanya-tanya tentang warna lidah apa yang menunjukkan bahwa kita dalam keadaan sehat. Tentu jawabannya adalah warna lidah merah muda.
Ada juga yang patut diwaspadai, seperti halnya beberapa infeksi dan alergi sehingga lidah berubah kemerahan dan kondisi lidah bahkan membengkak; kondisi ini disebut glossitis. Cek kondisi kesehatanmu dengan warna lidah, dan bila menemukan suatu kejanggalan seperti berubahnya warna sesuai dengan apa yang diinfokan di sini, segera periksa ke dokter.
Tag : Kesehatan
Back To Top